Senin, 28 Desember 2015

Workshop Nasional INACL ,Indonesian Association for Computational Linguistics,Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Workshop Nasional INACL (Indonesian Association for Computational Linguistics) akan diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tanggal 6 - 7 Januari 2016 di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.
Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk peneliti dan praktisi untuk berbagi ilmu dalam bidang teknologi bahasa, baik secara teoritis maupun terapan, khususnya terkait bahasa-bahasa yang berasal dari Indonesia. Sebagai workshop INACL yang pertama, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengumpulkan para peneliti dan praktisi dan membangun komunitas, sehingga fokus dari sesi presentasi makalah adalah untuk mengetahui topik-topik riset apa saja yang sedang dikerjakan oleh kolega-kolega dalam komunitas INACL. Dalam rangka tersebut, kami mengundang dua jenis makalah:
  • Makalah ilmiah baru yang nantinya direncanakan akan di-submit ke sebuah konferensi atau jurnal lain, dengan tujuan untuk menerima masukan untuk peningkatan kualitas dari makalah ilmiah tsb., dan
  • Makalah ilmiah yang sudah pernah dipublikasikan sebelumnya, dengan tujuan untuk mensosialisasikan penelitian yang sedang berjalan.
Kami mengundang makalah dari berbagai jenis disiplin ilmu yang membahas teknologi bahasa, baik dari sisi linguistik teoritis maupun dari sisi ilmu komputer terapan, termasuk, tapi tidak terbatas pada:
  • Makalah mengenai aspek teoritis linguistik komputasional
  • Makalah mengenai penerapan pengolahan bahasa manusia
  • Makalah mengenai pengembangan sumber daya teknologi bahasa (language resources & tools)
Pengumpulan makalah minimal berbentuk judul dan abstrak yang cukup detil, namun tentunya diharapkan (namun tidak diwajibkan) agar makalah lengkap dapat dikumpulkan untuk nantinya diperbanyak dan dibagikan pada saat workshop berlangsung.
Makalah dapat dikumpulkan dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, dan format naskah, batas halaman, serta ketentuan sitasi dianjurkan (tetapi tidak diwajibkan) untuk mengikuti panduan ACL 2015 yang dapat dilihat di http://acl2015.org/call_for_papers.html.
Batas akhir pengumpulan judul dan abstrak adalah Senin, 28 Desember 2015, 23:59 WIB, dan batas akhir pengumpulan makalah lengkap adalah Senin, 4 Januari 2016, 23:59 WIB.
Pengumpulan dilakukan via EasyChair di https://easychair.org/conferences/?conf=inacl2016.
Pertanyaan lebih lanjut mengenai makalah ilmiah INACL 2016 dapat dikirimkan ke Sdr. Bayu Distiawan (b.distiawan@cs.ui.ac.id).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar